Berlin akan membangun museum seni modern

Written By Unknown on Sabtu, 24 Agustus 2013 | 17.18

Museum seni modern akan dibangun di belakang Galeri Nasional Berlin.

Pemerintah Jerman menyetujui pembangunan museum seni modern di kota Berlin yang akan memamerkan karya-karya seni modern peninggalan abad 20.

Museum, yang rencananya akan mulai dibangun 2014 nanti, juga akan menampilkan sejumlah koleksi lukisan milik pasangan sosialita Jerman, Ulla dan Heiner Pietzsch.

Pasangan itu akan menyerahkan beberapa koleksinya, yaitu lukisan bergaya surealis karya Salvador Dali, Max Ernst, Rene Magritte, Yves Tanguy dan Joan Miro, yang ditaksir bernilai hingga £96 juta.

Apabila museum ini mulai dibangun tahun depan, kemungkinan akan dibuka secara resmi pada 2022 nanti.

Pemerintah Jerman telah menyetujui pembangunan gedung museum ini, yang akan dibangun di komplek Kulturforum, komplek yang terdiri bangunan-bangunan kebudayaan di pusat kota Berlin.

Sejauh ini, pemerintah Jerman harus mendapat persetujuan masyarakat tentang besaran dana yang dibutuhkan untuk membangun gedung tersebut, yang kira-kira akan memakan biaya hingga sekitar £321 juta.

Angka yang besar itu sempat menyulut protes masyarakat Berlin, sehingga sempat memunculkan petisi dari ribuan orang yang menolak pembangunannya.

"Bukan hanya karena untuk menampung koleksi lukisan milik Pietzsch, tetapi karena tidak ada museum yang bisa memamerkan karya-karya seni abad ke-20."

Di tengah pro dan kontra itulah, Menteri Kebudayaan Jerman Bernd Neumann Jerman akhirnya menyetujui pembangunan museum seni modern, dan menyatakan pemerintah akan membiayainya.

Hermann Parzinger, ketua Yayasan Warisan Budaya Jerman, mengatakan museum baru untuk menanmpung karya seni abad 20 seni merupakan solusi ideal.

"Bukan hanya karena untuk menampung koleksi lukisan milik Pietzsch, tetapi karena tidak ada museum yang bisa memamerkan karya-karya seni abad ke-20," kata Parzinger.

Sejauh ini Berlin telah memiliki museum seni, Gemäldegalerie, yang berisi koleksi lukisan terkenal peninggalan abad 13 hingga 18, seperti karya Rembrandt, Caravaggio, Rubens dan Gainsborough..

Semula ada usulan memindahkan semua koleksi di Gemäldegalerie ke gedung museum yang baru, namun akhirnya dibatalkan.

Otoritas seni di Berlin akhirnya menyetujui museum seni yang baru hanya akan menampung karya seni modern peninggalan abad 20.


Anda sedang membaca artikel tentang

Berlin akan membangun museum seni modern

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/08/berlin-akan-membangun-museum-seni-modern.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Berlin akan membangun museum seni modern

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Berlin akan membangun museum seni modern

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger