Museum Nasional Belanda dibuka kembali

Written By Unknown on Sabtu, 06 April 2013 | 17.18

Eksterior musium ini dulu tidak disukai kaum Protestan, karena mirip katedral.

Museum Nasional Belanda, yang mengoleksi sejumlah lukisan terkenal, akan dibuka kembali pada April 2013 ini setelah direnovasi sekitar sepuluh tahun.

Pengunjung akan dimanjakan perubahan draktis tata letak museum, kecuali lukisan karya perupa legendaris Rembrandt van Rijn berjudul The Night Watch yang tetap dibiarkan dipajang di tempat semula.

Ratu Beatrix akan meresmikan pembukaan kembali Museum Nasional Belanda pada 13 April nanti, setelah perbaikan total yang memakan biaya sekitar 375 milion euro, atau sekitar $482.02 million.

"Perbaikan museum ini telah tuntas, semuanya serba baru," kata Direktur Utama Museum Nasional Belanda, Wim Pijbes, dalam jumpa pers, Kamis ((04/04) kemarin.

Selain menampilkan lukisan maha karya Rembrandt, pengunjung juga akan dimanjakan lukisan seperti Woman Reading a Letter karya Johannes Vermeer, serta lukisan The Merry Drinker karya Frans Hals.

Dari sekitar 8.000 karya seni milik museum ini yang didominasi berupa lukisan, terdapat pula benda-benda seni seperti perangkat mebel, hiasan perak, serta keramik yang akan dipamerkan pula.

"Proyek renovasi museum yang memakan waktu 10 tahun ini memberikan kesempatan kepada kita untuk menampilkan kembali semua koleksi, "kata Direktur bagian koleksi museum, Taco Dibbits.

Museum Nasional Belanda dirancang oleh arsitek Belanda, Pierre Cuypers, seorang Katolik, yang ketika pertama kali diresmikan untuk umum pada 1885, menimbulkan rasa iri kalangan kritikus Belanda yang menganut Protestan.

"Hasil kreasi Cuypers saat itu tidak bisa diterima dengan baik oleh kalangan Protestan Amsterdam, karena terlihat seperti katedral, sehingga mereka perlahan-lahan menutupinya."

Antonio Ortiz, salah satu arsitek renovasi Musium Nasional Belanda.

Karena itu, demikian menurut catatan sejarah, secara bertahap banyak interior dekorasi, mulai mural hingga mosaik, yang ditutup atau dihapus.

Kini, melalui renovasi selama sekitar 10 tahun, masa lalu yang hilang dari museum ini telah dipulihkan kembali

"Hasil kreasi Cuypers saat itu tidak bisa diterima dengan baik oleh kalangan Protestan Amsterdam, karena terlihat seperti katedral, sehingga mereka perlahan-lahan menutupinya, "kata Antonio Ortiz, salah satu arsitek yang terlibat dalam renovasi museum ini.

Saat ini, menurut Ortiz, mereka berupaya menghidupkan kembali apa yang disebutnya sebagai "kemegahan asli bangunan museum ini".

Pengelola Museum Nasional Belanda, yang lazim disebut Rijksmuseum, berharap renovasi total ini akan menaikkan jumlah pengunjungnya hingga mencapai dua juta jiwa setiap tahunnya.

Sebelum renovasi, museum ini dikunjungi sekitar 1, 2 juta jiwa setiap tahunnya.

Jumlah pengunjung sebesar itu, tentu saja, masih jauh jika dibanding Museum Louvre di Paris, Perancis, yang dikunjungi 10 juta jiwa setiap tahunnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Museum Nasional Belanda dibuka kembali

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/04/museum-nasional-belanda-dibuka-kembali.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Museum Nasional Belanda dibuka kembali

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Museum Nasional Belanda dibuka kembali

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger