Pesawat tenaga surya mulai keliling dunia

Written By Unknown on Senin, 09 Maret 2015 | 17.18

Solar Impulse-2 memulai perjalanan keliling dunia dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sebuah pesawat bertenaga surya telah lepas landas dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, guna memulai upaya pemecahan rekor terbang keliling dunia.

Pesawat bernama Solar Impulse-2 itu kini menuju ibu kota Oman, Muscat. Dari sana, pesawat tersebut bakal bertolak ke India, Cina, dan melintasi Samudera Pasifik ke Hawaii, Amerika Serikat.

Setelah singgah di beberapa kota di AS, Solar Impulse-2 akan menyeberangi Samudera Atlantik menuju Eropa selatan atau Afrika utara untuk kemudian kembali ke Abu Dhabi.

Rangkaian perjalanan yang direncanakan menghabiskan lima bulan itu akan dilakoni Andre Borschberg dan Bertrand Piccard. Namun, karena Solar Impulse-2 hanya bisa menampung satu orang, keduanya akan bergantian mengendarai di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

"Saya yakin pesawat yang kami miliki adalah pesawat yang sangat spesial dan mampu menyeberangkan kami di lautan luas. Kami memang harus menerbangkannya selama lima dan lima malam dan itu akan menjadi tantangan," kata Borschberg sebelum lepas landas dari Abu Dhabi.

Saat menerbangkan Solar Impulse-2, baik Borschberg maupun Piccard hanya bisa tidur selama 20 menit. Mereka juga mesti beradaptasi dalam ketidaknyamanan mengingat kokpit yang mereka tempati berukuran 3,8 kubik meter atau setara dengan boks telepon umum.

Sebagai langkah pengamanan, pesawat berbobot 2,3 ton itu dilengkapi peranti keselamatan khusus laut sehingga Borschberg dan Piccard bisa bertahan sementara sampai mereka diselamatkan kapal.

Borschberg ialah seorang mantan pilot angkatan udara Swiss dan insinyur terlatih. Adapun Piccard pernah tercatat dalam buku rekor sebagai pengguna balon udara keliling dunia pada 1999.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pesawat tenaga surya mulai keliling dunia

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2015/03/pesawat-tenaga-surya-mulai-keliling.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pesawat tenaga surya mulai keliling dunia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pesawat tenaga surya mulai keliling dunia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger