Wahana milik NASA mulai memotret Pluto

Written By Unknown on Minggu, 25 Januari 2015 | 17.18

Wahana New Horizons telah melakukan perjalanan selama sembilan tahun untuk mendekati planet Pluto.

Wahana New Horizons milik NASA mulai melakukan pengambilan gambar planet Pluto, planet terakhir di tata surya yang belum pernah dijelajahi.

New Horizons telah menempuh perjalanan sejauh 5 milyar km dan memakan waktu sembilan tahun perjalanan semenjak diluncurkan pada awal 2006 dari Tanjung Canaveral di Florida.

Tujuh buah peralatan yang dipasang pada pesawat angkasa luar itu akan mengumpulkan informasi dari atmosfir Pluto.

New Horizons direncanakan akan memotret dua bulan kecil yang mengelilingi Pluto dan memeriksa cincin yang mengelilingi Pluto.

"Kita selama ini tidak dapat melihat dan meneliti Pluto dengan benar, bahkan dengan teleskop tercanggih sekalipun seperti Hubble. Pluto tidak bisa terlihat dengan jelas," kata Dr Fran Bagenal dari Universitas Colorado yang terlibat dalam misi ini.

"Untuk pertama kalinya, kita akan melihat permukaannya dan apakah terdapat kawah, gunung berapi, cairan beku atau celah," kata Dr Bagenal.

Peralatan dalam wahana New Horizons itu juga diharapkan dapat memetakan dengan rinci permukaan Pluto dan salah satu satelitnya yang terbesar.

Di awal pemberangkatannya, wahana New Horizons -tanpa awak yang bernilai 700 juta dolar AS- akan memotret dua bulan kecil yang mengelilingi Pluto dan memeriksa cincin yang mengelilingi Pluto.

Gambaran para seniman terhadap planet Pluto yang terletak jauh dari tata Surya.

Sebelumnya, sebagian pakar astronomi mengatakan Pluto sebenarnya bukan sebuah planet dan seharusnya dikelaskan sama dengan bongkahan es yang sudah ada sejak tata surya terbentuk.

"Apa yang kami ketahui tentang Pluto sangat sedikit," kata Colleen Hartman dari NASA. "Buku-buku pelajaran akan ditulis kembali setelah misi (New Horizons) ini berakhir."

Para ahli juga mengatakan misi ke Pluto ini akan memberi masukan penting tentang Pluto dan satelit-satelit alaminya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Wahana milik NASA mulai memotret Pluto

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2015/01/wahana-milik-nasa-mulai-memotret-pluto.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wahana milik NASA mulai memotret Pluto

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wahana milik NASA mulai memotret Pluto

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger