Melacak 'sejarah' gangguan stres pasca-trauma prajurit perang

Written By Unknown on Minggu, 25 Januari 2015 | 17.18

Para peneliti menemukan bukti bahwa gangguan stres pasca-trauma sudah dialami prajurit Dinasti Assyria di Mesopotamia pada tahun 1.300 sebelum Masehi.

Bukti adanya gangguan stres pasca-trauma dapat ditelusuri kembali pada masa 1.300 tahun sebelum Masehi, jauh lebih awal ketimbang yang diperkirakan sebelumnya, kata para ahli.

Tim dari Universitas Anglia Ruskin, Inggris telah menganalisa terjemahan peninggalan peradaban Irak kuno atau Mesopotamia.

Sejumlah catatan milik beberapa prajurit di masa itu menunjukkan bahwa "mereka sering dihantui pengalaman selama pertempuran".

Hasil penelitian juga menyimpulkan, masalah yang dihadapi prajurit di Mesopotamia itu sudah menggunakan pula diagnosa modern PTSD, Post-traumatic stress disorder.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa persoalan stres pasca-trauma berjalan seiring dengan perjalanan peradaban manusia kuno.

Prof Jamie Hacker Hughes, seorang psikolog klinis dan mantan konsultan Departemen Pertahanan Inggris, mengatakan deskripsi pertama seputar PTSD sudah terlihat dari catatan sejarawan Yunani kuno, Herodotus.

Mengacu pada sosok prajurit Epizelus selama pertempuran Marathon pada 490 Sebelum masehi, dia menulis: "Ia tiba-tiba kehilangan penglihatan kedua matanya, meskipun tidak ada yang menyentuhnya."

Namun laporan Hughes- berjudul Nothing New Under the Sun - menyebutkan, gangguan stres pasca-trauma sudah terjadi pada masa Dinasti Assyria di Mesopotamia antara tahun 1.300 dan 609 sebelum Masehi.

Di masa itu, para pria dewasa yang tangguh menghabiskan satu tahun untuk terlibat dalam pembangunan jalan, jembatan dan proyek lainnya, sebelum menghabiskan waktu setahun untuk berperang.

Dan kemudian mereka kembali ke keluarga selama satu tahun sebelum memulai siklus itu lagi.

Diagnosa dan pemahaman tentang gangguan stres pasca-trauma muncul setelah Perang Vietnam.


Anda sedang membaca artikel tentang

Melacak 'sejarah' gangguan stres pasca-trauma prajurit perang

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2015/01/melacak-sejarah-gangguan-stres-pasca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Melacak 'sejarah' gangguan stres pasca-trauma prajurit perang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Melacak 'sejarah' gangguan stres pasca-trauma prajurit perang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger