Duo pianis Indonesia-Inggris, Piano Brothers

Written By Unknown on Kamis, 26 Juni 2014 | 17.18

elwin hendrijanto

Elwin Hendrijanto pianis asal Indonesia yang turut membuat musik untuk Steinway & Sons.

Pianis Indonesia Elwin Hendrijanto dan Dominic Anthony Ferris dari Inggris berusaha menggabungkan musik pop dan klasik lewat duo Piano Brothers.

Kedua pemusik dengan latar belakang musik klasik ini mementaskan sejumlah lagu pada peluncuran piano baru Steinway & Sons di Kings Place, London Rabu 25 Juni lalu.

Elwin dan Dominic yang pertamakali bertemu di sekolah musik Royal College of Music London ini membuat aransemen baru sejumlah lagu populer seperti Uprising nya Muse dan Rolling in the Deep yang dinyanyikan Adele.

"Konsepnya adalah menggabungkan teknik klasik dengan lagu-lagu yang kontemporer, yang populer, musik masa kini," kata Elwin saat diwawancara beberapa hari sebelum pentas.

Pianis asal Semarang berumur 29 tahun ini yakin terdapat pasar bagi jenis musik yang dimainkan bersama Dominic terutama karena semakin beragam dan besarnya pasar musik saat ini akibat semakin tingginya pemakaian internet untuk memasarkan produk musik.

Baru-baru ini Piano Brothers diminta membuat musik bagi film iklan Steinway & Sons. Dan ternyata Elwin memasukkan sedikit unsur pentatonik gamelan pada sebagian Ballad for Steinway yang kedengarannya seperti musik diatonik klasik pop pada umumnya.

Elwin mengatakan meskipun belajar musik di Utrecht Conservatorium Belanda dan Inggris, kehidupannya di Indonesia tetap mempengaruhi karya musiknya.

"Steinway & Sons, for example, dia piano Jerman. Tetapi mereka, kebetulan kami dipercayai untuk membuat lagu untuk film mereka yang baru dan iklan mereka yang baru. Saya sebetulnya memasukkan unsur gamelan disana. Jadi ada sedikit figurasi gamelan yang dimainkan di dalam situ."

Tetapi seperti apakah sebenarnya posisi musik tradisional Indonesia di pentas musik dunia?

"Saya sudah melihat banyak sekali pengaruh musik Indonesia atau gamelan ke musik-musik klasik barat. Debussy misalnya, karena dia melihat musik gamelan, pagelaran gamelan di World Expo di Paris," kata Elwin.

Elwin menambahkan gamelan akan selalu tampil di dunia. Salah satu contoh terbaru dibandingkan dengan pemusik Prancis Claude Debussy pada pameran tahun 1889 di Paris adalah pada drama musikal dan film Lion King yang dibuat pada tahun 1994.

Laporan lengkap tentang Piano Brothers dapat anda ikuti pada acara Infomusika BBC Indonesia pada hari Jumat 27 Juni, pukul 18.00 WIB.


Anda sedang membaca artikel tentang

Duo pianis Indonesia-Inggris, Piano Brothers

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2014/06/duo-pianis-indonesia-inggris-piano.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Duo pianis Indonesia-Inggris, Piano Brothers

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Duo pianis Indonesia-Inggris, Piano Brothers

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger