Teresa Forcades, sang biarawati radikal

Written By Unknown on Sabtu, 14 September 2013 | 17.18

Biarawati Teresa Forcades menolak sistem kapitalis di Spanyol.

Suster Teresa Forcades, kelahiran 1966, dikenal sebagai salah-seorang biarawati paling berpengaruh, utamanya di kalangan pendukung sayap kiri di Eropa.

Tahun ini, ribuan orang telah bergabung dalam gerakan anti-kapitalis yang dia kumandangkan secara terus-menerus dalam setiap kampanyenya - termasuk melalui situs berbagi video Youtube.

Teresa, yang mengaku menganut feminisme-Kristen, juga aktif mendukung kemerdekaan wilayah Katalan dari Spanyol.

Peraih gelar Doktor bidang kesehatan masyarakat (2004) dan teologi (2009) ini juga menolak kebijakan pemerintah Spanyol dalam menangani krisis ekonomi di negara itu.

Dalam berbagai kesempatan, dia juga menyarankan program nasionalisasi terhadap bank-bank dan perusahaan energi - yang kini dikuasai swasta.

Menurut wartawan BBC Matt Wells, dari biara St Benet, di Gunung Montserrat yang indah dan damai, suara-suara kritisnya terus menggema dan menyentakkan banyak orang, dan membuatnya sekarang dikenal sebagai tokoh berpengaruh.

Menurutnya, apa yang dilakukannya selama ini lahir rasa pengabdian yang dia dapatkan dari ajaran Kristen. Namun demikian, tidak bisa dipungkiri, Teresa selama ini dikenal sangat kritis terhadap gereja dan orang-orang yang menjalankannya.

Dia, misalnya, percaya bahwa gereja Katolik Roma harus dimodernisasi. Dia juga setuju apabila kaum perempuan dan gay diberi kesempatan lebih besar dalam gereja.

Walaupun getol mengkritik kebijakan pemerintah Spanyol, biarawati ini tidak pernah tertarik untuk menjadi politisi dengan mendirikan partai politik atau menjadi pejabat lokal.

Melalui gerakan yang diberi nama Proces Constituent, Teresa Forcades saat ini mampu menggerakkan sekitar 50.000 orang warga Katalan, utamanya pendukung sayap kiri, untuk mendaftar dalam gerakannya itu.

Bagaimanapun, tidak dapat disangkal, Teresa adalah tokoh politik yang memilki misi, yaitu meruntuhkan kapitalisme internasional dan mengubah peta Spanyol .


Anda sedang membaca artikel tentang

Teresa Forcades, sang biarawati radikal

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/09/teresa-forcades-sang-biarawati-radikal.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Teresa Forcades, sang biarawati radikal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Teresa Forcades, sang biarawati radikal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger