Pungutan biaya untuk kantong plastik di Inggris

Written By Unknown on Sabtu, 14 September 2013 | 17.18

kantong plastik

Di Wales, pungutan biaya penggunaan kantong plastik dianggap berhasil.

Pemerintah Inggris berencana mengutip biaya sebesar 5p atau sekitar Rp900 untuk setiap kantong plastik yang digunakan saat berbelanja.

Wakil Perdana Menteri Nick Clegg akan merilis kebijakan ini dalam sebuah konferensi partai Liberal Demokrat akhir pekan ini.

Kebijakan ini menurut Clegg sebagai bagian dari kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik.

Clegg mengaku sangat khawatir dengan pengaruh lingkungan yang ditimbulkan oleh kantong plastik, terutama bagi binatang air.

Biaya yang dibebankan ini hanya akan berlaku bagi supermarket dan toko-toko besar, dan akan dimulai setelah pemilu 2015 mendatang, dan hasil dari pungutan biaya ini akan dimasukkan ke yayasan amal.

Pungutan serupa yang berlaku bagi kantong sekali pakai yang terbuat dari plastik dan kertas sudah berlangsung di Wales dan Irlandia Utara. Sementara Skotlandia akan memulainya pada Oktober 2014 mendatang.

Menurut sumber di partai Liberal Demokrat, biaya kantong plastik yang dibebankan di Wales, yang telah dimulai 2011 silam, telah terbukti berhasil mengurangi penggunaan kantong plastik sebesar 75%.

Ed Davey selaku sekretaris bidang perubahan iklim Liberal Demokrat mengatakan pungutan biaya ini hanya akan "menambah sedikit" bagi yayasan amal, tetapi tujuan utamanya adalah membuat orang mengurangi penggunaan plastik.

Kepada BBC dia mengatakan: "Ini adalah langkah maju yang besar bagi lingkungan."

"Kami sangat jelas bahwa tidak ada sepeserpun uang yang berasal dari pungutan ini masuk ke kas pemerintah, kami tidak mencoba memajak warga, kami ingin mengubah perilaku warga, mendorong perilaku yang lebih ramah lingkungan."

Seorang asisten Clegg mengatakan wakil perdana menteri berupaya "keras mendorong pemerintah" untuk menjamin bahwa kebijakan ini dikeluarkan.

Wartawan BBC mengatakan pengumuman ini mungkin tidak akan membuat para pembelanja senang atas kemungkinan pungutan biaya yang dibebankan kepada mereka mengingat saat ini masih dalam "masa yang keras", tetapi pemerintahan koalisi meyakini langkah ini dibutuhkan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Sejumlah supermarket telah mendorong pelanggan mereka untuk membatasi penggunaan kantong plastik dengan memberikan diskon bagi pelanggan yang membawa kantong sendiri.

Sejumlah toko besar lainnya seperti Marks & Spencer, telah memberlakukan kebijakan ini.

Kelompok aktivis lingkungan juga telah lama mendesak kebijakan ini diberlakukan karena sampah kantong plastik telah memenuhi jalan-jalan atau kawasan perairan di Inggris.

Kantong plastik ini berbahaya bagi binatang yang kemungkinan bisa terjerat plastik atau mengira plastik ini sebagai makanan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pungutan biaya untuk kantong plastik di Inggris

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/09/pungutan-biaya-untuk-kantong-plastik-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pungutan biaya untuk kantong plastik di Inggris

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pungutan biaya untuk kantong plastik di Inggris

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger