Populasi lebah kembali setelah punah

Written By Unknown on Selasa, 17 September 2013 | 17.18

Lebah bulu pendek

Proyek pembiakan kembali ini melibatkan ilmuwan dan petani Inggris.

Satu spesies lebah yang sudah dinyatakan punah di Inggris berhasil dibiakkan kembali dan mulai bersarang untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir.

Lebah bulu pendek ini mulai langka di Inggris sekitar tahun 1980-an dan kemudian resmi dinyatakan punah tahun 2000.

Dalam sebuah proyek untuk membiakkan kembali jenis hewan mendengung ini lebah ratu didatangkan dari Swedia.

Setelah dua lebah ratu dilepas ke alam bebas di Taman Alam untuk Burung Liar Inggris (RSPB) di Dungeness Kent, lebah-lebah pekerja baru mulai muncul dan tercatat untuk pertama kalinya kembali.

Jenis lebah ini mulanya merupakan hewan yang mudah ditemukan di berbagai bagian selatan Inggris namun seiring dengan musnahnya habitat tetumbuhan liar di padang rumput setempat, akhirnya hewan terbang ini turut menghilang.

Nikki Gammans, yang memimpin proyek pembiakan kembali lebah-lebah ini mengatakan: "Pembiakan ini merupakan proyek tonggak dan kemenangan sejati bagi kegiatan konservasi.

"Kita kini bisa buktikan bahwa jenis lebah ini telah bersarang dan melahirkan lebah-lebah baru dan kita berharap hewan ini akan segera jadi spesies liar yang kembali mandiri di Inggris Raya.

"Melihat lebah pekerja untuk pertama kalinya (rasanya) seperti hadiah fantastik setelah semua kerja keras itu."

"Kami menempuh perjalanan panjang untuk sampai di sini, dari mulai dari menciptakan habitat yang tepat, mencari lebah ratu dari desa-desa di Swedia, memeriksa kalau-kalau lebah ini punya penyakit dan kemudian melepaskan ke wilayah Dungeness.

"Melihat lebah pekerja untuk pertama kalinya (rasanya) seperti hadiah fantastik setelah semua kerja keras itu tapi kami masih memerlukan jalan panjang guna memastikan populasi baru ini aman dan lestari."

Pembiakan ini bukan tanpa hambatan. Saat pertama dilepasliarkan sekelompok lebah ratu yang didatangkan tahun lalu sulit bertahan dalam kondisi musim panas yang dingin dan basah.

Namun generasi lebah ratu kedua dari Swedia berhasil memperkuat koloninya.

Proyek pembiakan kembali lebah ini dilakukan dnegan bekerja sama dengan petani untuk menciptakan padang rumput kaya bunga di Dungeness dan rawa-rawa Romney Marsh yang diharapkan akan mendongkrak spesies lebah lain yang juga terancam.


Anda sedang membaca artikel tentang

Populasi lebah kembali setelah punah

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/09/populasi-lebah-kembali-setelah-punah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Populasi lebah kembali setelah punah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Populasi lebah kembali setelah punah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger