Lance Amstrong akan jadi tamu Oprah

Written By Unknown on Rabu, 09 Januari 2013 | 17.18

Lance Amstrong

Lance Amstrong menjadi legenda arena balap sepeda selama bertahun-tahun.

Pembalap yang tercemar namanya, Lance Armstrong, akan membeberkan sikapnya atas tudingan dalam serangkaian kasus doping terhadap dirinya pada acara omong-omong dengan penyiar terkemuka Amerika, Oprah Winfrey.

Tujuh gelar Armstrong dari turnamen balap sepeda paling bergengsi di dunia Tour de France dicabut tahun lalu oleh organiasi balap sepeda dunia setelah Lembaga Anti Doping AS (USADA) membeberkan bukti keterlibatannya menggunakan doping dan memaksa atlet lain turut memakai obat terlarang untuk mengatrol prestasi di arena balap.

Menurut pernyataan stasiun televisi Winfrey, jaringan OWN, wawancara 90 menit itu akan mengupas "tahun-tahun tudingan berlaku curang" terhadap Amstrong. Namun sejumlah media di AS menulis kemungkinan Amstrong akan berterus terang dan mengaku dirinya memang memakai doping sehingga tampil unggul dalam berbagai lomba.

Selama ini Armstrong tak pernah mengakui tuduhan itu, bahkan setelah mendapat sanksi larangan bertanding seumur hidup dari USADA.

Koran the New York Times menulis Jumat (4/1) lalu kalau pria 41 tahun ini tengah menimbang memberikan pengakuan kepada publik tentang kesalahannya memakai obat terlarang untuk meraih sejumlah prestasi besar di arena balap sepeda. Kemungkinan Amstrong ingin mengaku karena ingin ikut bertanding di arena marathon dan triathlon, tulis koran itu.

Oprah Winfrey adalah yang pertama mengumumkan kepastian wawancara dengan Amstrong Selasa (8/1) kemarin lewat kicauannya di Twitter, 15 menit kemudian Armstrong menyahut kicauan itu.

Lance Amstrong

Karir balap sepedanya boleh tamat, tapi media menulis Amstrong berminat ikut triathlon.

Ini adalah wawancara pertama Amstrong sejak gelarnya dicopot, dan akan disiarkan 17 Januari melalui jaringan televisi milik Oprah, OWN, dengan siaran langsung melalui internet.

Bulan Agustus 2012 Armstrong mengakhiri perlawanannya tehadap tudingan doping. Dua bulan kemudian USADA merilis laporan setebal 1.000 halaman yang menyebut pria penderita kanker prostat itu adalah otak "program doping paling canggih, profesional dan sukses" yang pernah terungkap dalam dunia olahraga.

Dengan reputasi ternista, Armstrong lalu mundur dari posisinya sebagai ketua Yayasan Livestrong yang memberi dukungan bagi penderita kanker yang dibangunnya.

Diduga pria yang pernah berpacaran dengan musisi Cheryl Crow ini ingin memberi pengakuan diperkirakan berhubungan dengan niatnya untuk tetap mempertahankan profesi sebagai olahragawan. Amstrong telah menunjukkan ketertarikan untuk turut berlomba di ajang atletik, terutama triathlon.

Kuasa hukumnya, Tim Herman, menolak mengatakan apakah benar pembalap 41 tahun itu akan mengakui tindakannya di depan umum. Kepada koran the New York Times dia mengatakan: "Lance sendiri yang harus bicara soal itu".

Dalam pemberitaan terpisah, USADA menyatakan bahwa Armstrong pernah menawarkan donasi sampai $250.000 (Rp2,4 miliar) tahun 2004. Dalam program berita 60 Minutes Sport, yang akan disiarkan hari Rabu (16/1) di AS, Ketua USADA Travis Tygart mengatakan tawaran itu "jelas merupakan bentuk konflik kepentingan" Amstrong, sehingga langsung ditolak.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lance Amstrong akan jadi tamu Oprah

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/01/lance-amstrong-akan-jadi-tamu-oprah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lance Amstrong akan jadi tamu Oprah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lance Amstrong akan jadi tamu Oprah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger