Burma dapat bantuan triliunan rupiah

Written By Unknown on Senin, 28 Januari 2013 | 17.18

burma_adb_wb

Burma harus mampu menarik investor untuk memicu pertumbuhan ekonominya.

Bank Pembangunan Asia, ADB dan Bank Dunia telah menyetujui pengucuran pinjaman segar kepada Burma untuk membantu pembangunan ekonomi dan sosial di negara itu.

ADB telah menyetujui untuk memberikan dana bantuan kepada Burma sebesar US$512 juta atau sekitar Rp4,9 triliun sementara Bank Dunia telah menyetujui bantuan sebesar US$440 juta atau Rp4,2 triliun.

Pinjaman terhadap Burma dikucurkan setelah tunggakan terhadap dua bank tersebut berhasil dilunasi dengan bantuan pemerintah Jepang.

Burma yang juga dikenal dengan sebutan Myanmar, belakangan telah melakukan reformasi terhadap sistem ekonomi dan politiknya.

Sejumlah sanksi ekonomi yang semula diterapkan terhadap Burma juga dicabut setelah negara itu menerapkan kebijakan reformasinya.

"Myanmar telah melakukan transformasi ekonomi, dan melakukan reformasi yang sebelumnya tidak pernah terjadi untuk meningkatkan kehidupan rakyatnya teryutama dari kalangan miskin dan rentan," kata Direktur Bank Dunia untuk Myanmar, Annete Dixon.

"Kami berkomitmen untuk membantu mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan."

"Kerjasama dengan ADB dan Pemerintah Jepang serta sejumlah mitra akan membantu untuk menarik investor, meningkatkan pertumbuhan dan menciptakan lapangan pekerjaan," kata Dixon.

Burma merupakan salah satu negara termiskin di Asia dan terpuruk dalam beberapa dekade terakhir akibat terisolir dari pergaulan internasional dan sanksi yang diterapkan oleh banyak negara kepada mereka.

Negara asal Aung San Suu Kyi ini punya potensi cadangan gas alam melimpah juga potensi hasil produksi pertanian yang disebut-sebut tidak kalah besarnya.

Faktor yang juga cukup menggiurkan bagi kalangan investor adalah upah buruh di negara itu yang sangat murah.

Bank Dunia mengharapkan ekonomi Burma akan tumbuh hingga 6,3 persen pada 2012-13, naik sekitar 5,5 persen dari tahun sebelumnya.

Meski demikian sejumlah analis mengatakan bahwa negara itu harus mampu merealisasikan potensi dalam bentuk pertumbuhan nyata yang membutuhkan peningkatan investasi di sejumlah sektor ekonomi kunci di negeri itu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Burma dapat bantuan triliunan rupiah

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/01/burma-dapat-bantuan-triliunan-rupiah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Burma dapat bantuan triliunan rupiah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Burma dapat bantuan triliunan rupiah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger