Masihkah Indonesia dilanda 'demam' Obama?

Written By wartini cantika on Senin, 05 November 2012 | 17.18

barack obama

Presiden AS Barack Obama saat berpidato di Universitas Indonesia pada 2010

Bagi dunia pria kelahiran Hawaii ini adalah pemimpin negara adidaya Amerika Serikat tetapi bagi Indonesia Barack Obama adalah Barry si anak Menteng.

Obama tinggal di Jakarta sejak 1967 hingga 1971 dengan ibunya Ann dan ayah tirinya Lolo Soetoro. Ia tinggal di kawasan Menteng Dalam dan bersekolah di SDN 01 Menteng atau dikenal sebagai SDN Besuki.

"Tanpa uang untuk belajar di sekolah internasional seperti anak-anak ekspatriat pada umumnya, saya bersekolah di sebuah sekolah umum dan bermain di jalan bersama anak-anak petani, pembantu rumah tangga, penjahit dan juru ketik," kata Obama dalam bukunya 'The Audacity of Hope.'

Kepingan sejarah masa kecil itu membuat Obama menjadi sosok yang membuat penasaran banyak orang Indonesia saat ia pertama kali mencalonkan diri di Pemilihan Presiden AS pada 2008.

Saat itu media gencar memberitakan berbagai hal terkait masa kecil Obama di Jakarta hingga sekelompok warga negara AS bersama teman-teman sekolah Obama dulu membentuk yayasan nirlaba Friends of Obama yang dipimpin oleh Ron Mullers. Pada 2010, yayasan ini membangun patung Obama kecil dan meletakkannya di halaman SDN Besuki.

ilham anas, obama impersonator

'Kembaran' Obama dari Jakarta, Ilham Anas, mengatakan permintaan tampil menurun

Tetapi itu empat tahun yang lalu, kini gaung Obama dan Pilpres AS tidak seramai dulu dahulu, paling tidak itu yang dirasakan oleh 'kembaran' Obama, Ilham Anas.

Wartawan majalah remaja ini mengatakan pada 2008-2009 ia kebanjiran tawaran wawancara dan menjadi bintang iklan tetapi sekarang tidak lagi.

"Tahun ini eforianya berbeda, dulu semua televisi ga jauh berita Obama, sekarang kesannya agak hambar," kata Ilham pada Pinta Karana dari BBC Indonesia.

"Memang sih tetap kenceng beritanya tapi ga seperti dulu. Ini juga berimbas pada saya, kalau dibandingkan dengan dahulu, berbeda. Sekarang tetap ada permintaan tapi ga sebanyak dahulu," kata dia.

Sementara itu Ron Mullers mengatakan meski reaksi di Indonesia tidak segegap gempita dulu, tidak berarti Obama sudah tidak populer lagi.

"Menurut saya Obama tetap populer di sini tetapi ia tidak bisa terlalu banyak mencurahkan waktu untuk mempererat hubungan dengan Indonesia karena ia disibukkan dengan urusan-urusan di AS," kata Mullers pada Pinta Karana dari BBC Indonesia.

Ia mengakui bahwa awalnya ada banyak harapan bahwa terpilihnya Obama akan sangat vital dalam kerja sama bisnis antara kedua negara.

"Hal itu tidak terjadi dan saya pikir ini seperti kita berteman saja, jika kita tidak merawat persahabatan maka hubungan itu akan menjadi dingin," kata Mullers.

Sedangkan bagi Ilham, meski ia tidak lagi 'selaris' dahulu, ia merasa Indonesia tetap mencintai Obama.

"Saya merasakan kesetiaan masyarakat Indonesia pada Obama masih tinggi dan kami semua mendukung Obama, bukan [Mitt] Romney," kata dia.

Rakyat Amerika Serikat akan menentukan pilihan mereka Selasa (06/11). Obama dan rivalnya dari Partai Republik, Mitt Romney, akan memperebutkan 270 suara elektoral dari 50 negara bagian AS.


Anda sedang membaca artikel tentang

Masihkah Indonesia dilanda 'demam' Obama?

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2012/11/masihkah-indonesia-dilanda-demam-obama.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masihkah Indonesia dilanda 'demam' Obama?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masihkah Indonesia dilanda 'demam' Obama?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger