IMF turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi

Written By Unknown on Selasa, 20 Januari 2015 | 17.18

Lambannya pertumbuhan ekonomi di Cina adalah faktor lain di balik penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global.

Dana Moneter Internasional (IMF) telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini dari 3,8% menjadi 3,5%. Penurunan juga dilakukan terhadap proyeksi 2016 menjadi 3,7%.

Langkah IMF dilakoni meskipun harga minyak dunia anjlok, yang bagi sebagian besar negara merupakan hal positif dan menjadi pendorong bagi ekonomi global.

Penurunan itu lebih disebabkan sejumlah faktor negatif, terutama pelemahan investasi. Hal tersebut dinilai memupus ekspektasi prospek pertumbuhan di sejumlah negara maju dan berkembang selama beberapa tahun mendatang.

Pasalnya, jika bisnis diperkirakan melemah, kesempatan untuk menjual barang dan jasa akan berkurang dan insentif untuk berinvestasi pun menurun.

Kondisi itu diprediksi akan berlangsung di Eropa. IMF memperkirakan upaya pemulihan akan berlanjut, walau tidak kuat. Estimasi pertumbuhan di benua itu mencapai 1,2% tahun ini dan 1,4% pada 2016.

Bagi Bank Sentral Eropa, langkah prioritas ialah menangani deflasi. Kepada BBC, Kepala Ekonom IMF, Olivier Blanchard, mengatakan deflasi adalah musuh dan kekuatan yang mengkhawatirkan. "Namun, itu tidak akan menghentikan pemulihan," ujarnya.

Selain pelemahan investasi, lambannya pertumbuhan di Cina adalah faktor lain di balik penurunan proyeksi pertumbuhan. Pada Selasa (20/01), statistik resmi menunjukkan pertumbuhan Cina tahun lalu turun 7,4% dari 7,7% pada 2013. Penurunan itu diperkirakan berlanjut tahun depan yang mencapai 6,3%.

Penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global juga dilakukan Bank Dunia. Dalam laporannya, bank ini memperkirakan pertumbuhan 3% tahun ini dan 3,3% tahun depan, di bawah perkiraan bulan Juni sebesar masing-masing 3,4% dan 3,5%.


Anda sedang membaca artikel tentang

IMF turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2015/01/imf-turunkan-proyeksi-pertumbuhan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

IMF turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

IMF turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger