Dua pendaki taklukkan tebing 914 meter

Written By Unknown on Kamis, 15 Januari 2015 | 17.18

Pendakian dilakukan sejak 27 Desember

Dua pendaki asal Amerika Serikat--yang menghabiskan dua pekan mendaki tebing terjal El Capitan di Taman Nasional Yosemite--akhirnya mencapai puncak batu setinggi 914 meter.

Kevin Jorgeson, 30 tahun, dan Tommy Caldwell, 36 tahun, merupakan pendaki pertama yang melakukannya tanpa bantuan alat, kecuali kekang dan tali untuk mencegah agar tidak jatuh.

Mereka memulai pendakian bersejarah pada 27 Desember 2014. Selama pendakian mereka tidur di tenda yang menggantung di tebing.

Sebelumnya, juru bicara Jess Clayton telah mengatakan kedua pendaki tidak akan memberikan wawancara di puncak gunung, namun mendiskusikan perjalanan mereka pada Kamis (15/04).

Eric Jorgeson, ayah Kevin Jorgeson, mengatakan kepada media lokal bahwa anaknya selalu ingin menjadi seorang pendaki dan melihatnya mencapai mimpi membuat dia bangga.

Para pendaki menghabiskan waktu istirahat di tenda yang mengantung

"Sebagai orang tua, awalnya ini membuat kami gugup. Tetapi kami harus membiasakannya," kata dia.

Dia dan anak-anaknya telah memulai mendaki di rute yang berbeda di puncak El Capitan di California ketika Kevin berusia 15 tahun, dan menjalankan tradisi itu setiap tahun.

"Saya merasa seperti orang yang paling bangga di seluruh dunia saat ini," kata saudara perempuan Caldwell, Sandy Van Nieuwenhuyzen.

Selama pendakian menelusuri rute Dawn Wall, keduanya beristirahat beberapa hari untuk menunggu kulit mereka pulih. Mereka bahkan menggunakan plester dan lem super untuk mempercepat proses.

Pada tahap itu, tampaknya mereka tidak akan mencapai puncak, seperti dilaporkan wartawan BBC Alastair Leithead yang berada di kaki El Capitan.

Tetapi kemudian mereka kembali melanjutkan pendakian.

"Karena kecewa, saya mempelajari tingkat kesabaran baru, kekerasan hati dan hasrat," jelas Jorgeson yang dimuat secara daring. "Saya tidak akan menyerah. Saya akan beristirahat. Saya akan mencoba lagi. Saya akan sukses."

Tebing El Capitan yang didaki Jorgeson dan Caldwell lebih tinggi jika dibandingkan dengan menara Burj Khalifa di Dubai yang mencapai 828 meter.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dua pendaki taklukkan tebing 914 meter

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2015/01/dua-pendaki-taklukkan-tebing-914-meter.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dua pendaki taklukkan tebing 914 meter

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dua pendaki taklukkan tebing 914 meter

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger