Dunia perfilman di Cina siap bangkit lagi

Written By Unknown on Minggu, 02 November 2014 | 17.18

iron man
Film Iron Man menampilkan adegan khusus untuk pemirsa di Cina dan mengilhami penggemar film ini untuk mengenakan kostum Iron Man.

Tahun 2013 mencatat rekor untuk penjualan tiket bioskop global dengan penghasilan sebesar $35.9 miliar - dan sebagian besar hal ini disebabkan oleh Cina.

Penjualan tiket bioskop di Cina tumbuh lebih dari 30% per tahun selama dekade terakhir, bersamaan dengan tumbuhnya Cina menjadi negara berpenghasilan menengah. Dan masih ada ruang besar untuk tumbuh.

Di Amerika Serikat, ada 40.000 layar bioskop, atau satu untuk setiap 8.000 orang, menurut EntGroup. Di Cina, ada 20.000 layar bioskop, yang artinya satu untuk setiap 70.000 orang. Dan dengan hampir 100 layar bioskop baru dibangun setiap minggu, penonton bioskop Cina siap mengambil alih sebagai pasar terbesar di dunia.

Tidak heran jika kini film-film Hollywood berusaha 'melayani' penonton di Cina. Iron Man 3 misalnya, memasukkan adegan khusus dengan aktor paling top Cina yang hanya bisa ditonton di Cina.

Masa keemasan

Selain itu, pemerintah Cina juga ingin memperbarui industri filmnya untuk menantang Hollywood. Dan ketika mereka ingin unjuk gigi, mereka langsung membuat yang besar, misalnya mereka sudah membuat museum film terbesar di dunia.

Dunia sinema Cina sudah ada lebih dari satu abad, artinya setua Hollywood. Film pertama dibuat di Cina tahun 1905. Akhir tahun 1920-an dan 1930-an merupakan masa jaya dunia perfilman Cina. Industri film waktu itu berpusat di Shanghai yang merupakan kota paling kosmopolitan di Asia saat itu. Pembuat film asing berbaur dengan pembuat film Cina. Dan bintang film Cina bermunculan. Era itu dikenal sebagai Masa Keemasan Sinema Cina.

Era komunis

chinese film
Film 'Biarkan Peluru Terbang' adalah film Cina yang dibuat sutradara Jiang Wen.

Masa keemasan ini berakhir ketika Partai Komunis memegang kekuasaan di tahun 1949 ketika film hanya dipandang sebagai alat propaganda.

Ketika kehidupan normal muncul lagi dan Cina membuka diri di tahun 1978, industri film mulai bangkit lagi perlahan-lahan. Film seperti Farewell My Concubine memenangkan Palem Emas di Festival Cannes tahun 1993.

Tetapi kebanyakan film Cina masih belum bisa menerobos dunia global. Dan belum ada film Cina yang pernah menang Oscar untuk Film Terbaik.

Perubahan baru

Namun hal ini mungkin akan berubah. Lu Chuan, salah satu sutradara muda paling menjanjikan di Cina kini mendatangkan para ahli CGI (Computer Generated Imagery, pembuatan adegan film menggunakan komputer) dari Hollywood yang pernah mengerjakan film World War Z, dan menciptakan tim internasional yang langka untuk membintangi sebuah film fiksi sains, film laga Cina.

Ini semua dimungkinkan dengan adanya lakunya tiket bioskop yang terus tumbuh. Di samping itu, pemerintah Cina melindungi industri ini dengan memberlakukan kuota film asing yang boleh diputar setiap tahunnya.

Lu Chuan mengatakan saat ini merupakan saat terbaik untuk film Cina, tapi juga saat terburuk. Pasalnya, keinginan mengejar uang masih dihalangi oleh adanya penyensoran. Akibatnya mungkin hanya film komedi yang diuntungkan, sementara topik-topik lain tidak bisa disentuh para pembuat film.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dunia perfilman di Cina siap bangkit lagi

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2014/11/dunia-perfilman-di-cina-siap-bangkit_2.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dunia perfilman di Cina siap bangkit lagi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dunia perfilman di Cina siap bangkit lagi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger