Menggambar masa depan lewat fiksi ilmiah

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 17.18

Robot

Hubungan manusia dengan robot diperdebatkan para ahli

Bagaimanakah gambaran dunia di masa depan? Ketika robot menjadi lebih pintar dari manusia apakah hubungan keduanya bisa menjadi antagonistis?

Wartawan BBC Peter Day bertemu dengan salah satu penulis fiksi ilmiah terkenal asal Kanada, Robert Sawyer dan membahas wacana ini.

Fiksi ilmiah seperti yang ditulis Sawyer - di antaranya Flash Forward, The Terminal Experiment, Hominids, dan Mindscan - mungkin bisa dianggap sebagai 'prediksi' akan apa yang terjadi di masa depan.

Tentu prediksi ini sulit dan sering salah, namun menerka-nerka lewat fiksi ilmiah bukanlah hal yang sia-sia, kata Peter Day.

Sawyer dalam wawancaranya dengan Day mengatakan bahwa buku-bukunya mencerminkan masa depan yang optimis. Hari ini lebih baik dibanding 50 tahun yang lalu dan dalam waktu 50 tahun, keadaan akan menjadi lebih baik lagi.

Setidaknya inilah yang terjadi di , kata Sawyer, berdasarkan apa yang berubah dalam 30 tahun terakhir. Dia optimistis - bukan kepada teknologi - tetapi manusianya.

Sawyer memberikan contoh bagaimana pria kini terlibat dengan membesarkan anak-anak di negara barat dengan cara yang belum terbayangkan 60 tahun yang lalu.

Haruskah kita takut pada robot di masa depan?

"Fiksi ilmiah adalah ilmu yang sama seperti ilmu sosial dan teknologi," kata Sawyer.

Sawyer optimistis dengan hal yang membuat banyak orang khawatir: yaitu ketersediaan energi. Dia mengatakan dengan pendekatan fiksi ilmiah-nya, energi terbarukan akan membawa biaya energi ke titik mendekati nol.

Selain energi, sejumlah ilmuwan yang mempelajari masa depan - terutama Ray Kurzweil dari Amerika - mengangkat wacana tentang kecerdasan buatan yang mungkin melampaui manusia pada tahun 2050-an.

Namun menurutnya tidak ada alasan untuk takut kepada kecerdasan buatan ini: "Ketika kita memiliki mesin yang cerdas - dan kemudian dua kali lebih cerdas tidak ada alasan mengapa hubungan tersebut tidak bisa sinergis," ucap Sawyer.

Dia mengatakan kelemahan terbesar orang-orang yang takut komputer pintar atau robot "adalah gagasan bahwa kecerdasan yang super cepat dan super kuat nantinya akan dipengaruhi oleh keserakahan manusia".


Anda sedang membaca artikel tentang

Menggambar masa depan lewat fiksi ilmiah

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2014/06/menggambar-masa-depan-lewat-fiksi-ilmiah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menggambar masa depan lewat fiksi ilmiah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menggambar masa depan lewat fiksi ilmiah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger