Swiss gelar referendum upah mininum

Written By Unknown on Minggu, 18 Mei 2014 | 17.18

Tuntutan upah mininum itu didesakkan serikat buruh, karena Swiss tidak memiliki batasannya.

Rakyat Swiss akan memberikan suara pada referendum pada Minggu (18/05) untuk menentukan upah minimum terendah di negara itu, tetapi bakal menjadi upah minium tertinggi di dunia.

Apabila referendum ini disetujui, para majikan harus membayar para pekerja minimal 22 franc Swiss (sekitar $25 atau £15) per jam.

Para pendukung kenaikan upah mininum mengatakan, langkah ini diperlukan agar masyarakat dapat menjalani kehidupan layak.

Tapi para pengkritiknya berpendapat, hal itu akan menaikkan biaya produksi dan meningkatkan pengangguran, karena orang-orang muda akan lebih sulit mendapatkan pekerjaan.

Para wartawan mengatakan, proposal "demi melindungi gaji yang adil " adalah yang paling menonjol dari sejumlah referendum yang akan digelar hari Minggu ini.

Referendum lainnya, misalnya, adalah terkait kontroversi rencana pembelian pesawat tempur buatan Swedia untuk Angkatan udara Swiss dan tuntutan hukuman larangan bekerja dengan anak-anak terhadap mantan napi pedofil.

Namun demikian, tuntutan serikat buruh agar ada kenaikan gaji terhadap kaum buruh telah menimbulkan perdebatan paling sengit.

Desakan adanya upah mininum agar kaum buruh dapat hidup layak.

Tuntutan itu biasanya dikaitkan dengan biaya hidup tinggi di kota-kota besar seperti Jenewa dan Zurich.

Pimpinan serikat buruh marah, karena Swiss -salah satu negara terkaya di dunia- tidak memiliki tingkat upah minimum, sementara tetangga Perancis dan Jerman sudah melakukannya.

Mereka berpendapat, hidup di Swiss dengan gaji kurang dari 4.000 franc sebulan tidak akan cukup, karena sewa rumah, asuransi kesehatan dan biaya konsumsi sehari-hari tidaklah murah.


Anda sedang membaca artikel tentang

Swiss gelar referendum upah mininum

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2014/05/swiss-gelar-referendum-upah-mininum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Swiss gelar referendum upah mininum

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Swiss gelar referendum upah mininum

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger