Indie folk rock Indonesia gaya Neonomora

Written By Unknown on Minggu, 12 Januari 2014 | 17.18

Neonomora

Ratih Suryahutamy alias Neonomora saat diwawancarai untuk Info Musika BBC Indonesia.

Belum banyak penikmat musik Indonesia yang tahu siapa Neonomora karena vokalis perempuan asal Jakarta ini baru memutuskan fokus pada profesi musik sejak dua tahun lalu.

Neonomora, lahir dengan nama Ratih Suryahutamy, sudah banyak menangguk pujian dengan pilihan beraninya tampil membawa bendera folk rock.

Ratih, 25, mengakui ini pilihan berisiko karena tak banyak penggemar tahu apa folk rock sementara vokalis perempuan "biasanya diarahkan ke pop atau jazz atau sekitar itu".

"Aku pulang dari Australia tahun 2011 dan memperhatikan saat itu betapa stagnannya industri (musik)," kata Ratih saat diwawancarai untuk program Info Musika, BBC Indonesia.

Mengaku bermusik sejak kecil atas arahan orang tua yang juga musisi, vokal dan jangkauan suaranya terdengar sangat bertenaga dalam Fight.

Single ini sudah beredar videonya di YouTube saat dipentaskan secara live di arena Java Soulnation Festival tahun lalu.

Ratih yang lama tinggal di Australia juga terdengar fasih melafalkan lirik lagu yang seluruhnya sengaja ditulisnya dalam bahasa Inggris.

"Bapak bangsa kita, Sukarno, mengatakan kita harus berupaya menjangkau keluar, meluaskan wawasan. Itu yang saya coba lakukan juga," kata perempuan yang baru menikah ini.

Dan strategi menggunakan bahasa Inggris untuk merengkuh pasar mancanegara rupanya cukup berhasil.

Single Fight masuk dalam daftar Top100 iTunes Malaysia, serta pernah dibahas dalam sebuah liputan di majalah musik AS.

'Bersemangat'

Neonomora

Pengembangan Neonomora dibantu oleh sebuah tim yang turut melahirkan Muse dan Coldplay.

Meski jauh lebih tak populer dibanding jazz atau pop, Neonomora juga yakin bahwa genre folk rock bukan jenis musik yang akan dijauhi penggemar di Indonesia.

"Soalnya di sini karya-karya Klik Mumford and Sons, Bon Iver, serta Bjork juga banyak yang suka.

"Malah setelah melihat komentar yang mampir ke Twitter atau emailku, aku surprised karena ada tanggapan-tanggapan yang tidak terduga," kata sarjana komunikasi lulusan sebuah universitas di Australia ini.

Respon itu menurutnya datang dari kota-kota kecil di Indonesia, padahal penikmat folk rock mulanya disangka hanya ada di kota-kota besar macam Jakarta atau Bandung.

"Ada yang bilang ini adalah musik yang sudah lama mereka ingin dengar. Ini membuat aku jadi bersemangat untuk terus (berkarya) di sini."

Pendekatan lirik menurut Ratih jadi identitas penting untuk musiknya, bahkan sebagian nampak merupakan ekspresi kuat terhadap situasi sekitar.

"Lirik You Want My Love itu memang masih seputar cinta, tapi isinya di balik kalau bisanya cewek yang galau-galau ditinggal pergi pacarnya, ini si cewek yang percaya diri bahwa cowoknya pasti want my love," kisahnya sambil terkekeh.

Sementara lirik Fight menggambarkan dukungannya terhadap upaya perbaikan di Indonesia yang dilhatnya penuh masalah saat baru kembali dari tinggal di luar negeri.

Pujian

Neonomora

Neonomora membangun nama dari panggung-panggung festival rock.

Entah karena bahasa Inggris yang fasih, lirik yang kuat atau vokal yang berkarakter, rupanya strategi bermusik Neonomora dianggap tokcer.

Personel band post rock ternama Klik Sigur Ros memberi pujian tinggi pada vokalis berambut panjang itu.

"Lagu ini bisa laku keras di Eropa," puji kru Sigur Ros, Georg Holm, seperti dipamerkan di situs resmi Neonomora tentang single Fight.

Lagu yang sama menurut kritikus musik Denny Sakrie menujukkan karakter kuat vokal Neonomora.

"Awalnya aku kira dia adalah penyanyi bule, soalnya dia punya karakter yang kuat," tutur Denny Mei lalu saat Fight dirilis.

Tahun 2014 Neonomora akan merampungkan album pertama dan tampil di beberapa festival musik asing, setelah tahun lalu mencicipi ajang Java Soulnation Festival dan Java Rockinland.

Info Musika adalah program BBC Indonesia yang mengupas berbagai sisi tentang musik dan disiarkan tiap Jumat petang WIB.


Anda sedang membaca artikel tentang

Indie folk rock Indonesia gaya Neonomora

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2014/01/indie-folk-rock-indonesia-gaya-neonomora_12.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indie folk rock Indonesia gaya Neonomora

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indie folk rock Indonesia gaya Neonomora

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger