Orang terkaya Cina buat mega proyek studio film

Written By Unknown on Senin, 23 September 2013 | 17.18

Wang Jianlin

Wang Jianlin adalah pengusaha properti yang tahun ini dinyatakan sebagai orang terkaya Cina.

Orang terkaya Cina, Wang Jianlin, akan menanam modal senilai 50 miliar yuan ($8,2 miliar atau sekitar Rp94 triliun) untuk membangun pusat industri perfilman seperti Hollywood di timur kota Qingdao.

Wang Jianlin mengatakan Minggu (22/09) bahwa perusahaannya Dalian Wanda Group, akan membangun sebuah komplek studio film yang sangat luas dilengkapi dengan teknologi tinggi dalam rangka menguasai industri sinematik Cina yang sedang tumbuh pesat.

Komplek studio film bernama Qingdao Oriental Movie Metropolis itu akan berisi 20 studio, termasuk sebuah studio permanen bawah air diatas lahan seluas 10.000 meter persegi (yang menurut Wang akan jadi yang terbesar di dunia).

Fasilitas ini juga akan dilengkapi sebuah pusat pengembangan dan riset, Imax, gedung bioskop serta museum pesohor film Cina terbesar.

Seperti dilaporkan kantor berita Associated Press, rencananya komplek ini sudah mulai dibuka untuk umum pada Juni 2016 dan akan beroperasi penuh pada Juni 2017.

Yang juga tak kalah besar adalah remcana perusahaan ini yang emngaku telah menken perjanjian awal dengan ''sejumlah rumah produksi film dan televisi besar dunia, serta agen bakat'' untuk membuat sekitar 30 film asing dalam setahun. Namun tak disebutkan apa saja nama perusahaan-perusahaan yang terlibat.

Wang juga berambisi menarik lebih dari 50 rumah produksi film Cina agar turut berpartisipasi sehingga bisa memproduksi sedikitnya 100 film bioskop dan TV sepanjang satu tahun.

Dalian Wanda, yangs elama ini mengelola jaringan bioskop, hotel serta pusat belanja di Cina, tahun lalu membeli jaringan bioskop AS AMC senilai $2,6 juta.

Untuk mega proyek berbujet raksasa ini, sang konglomerat Wang Jianlin meresmikannya dengan sebuah acara gemerlapan dengan tamu para pesohor kelas atas Hollywood seperti Nicole Kidman, Ewan McGregor serta Catherine Zeta-Jones. Hadir pula bintang kenamaan dalam negeri Cina seperti Zhang Ziyi, Jet Li serta Tony Leung di Qingdao.


Anda sedang membaca artikel tentang

Orang terkaya Cina buat mega proyek studio film

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/09/orang-terkaya-cina-buat-mega-proyek.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Orang terkaya Cina buat mega proyek studio film

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Orang terkaya Cina buat mega proyek studio film

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger