Lukisan Titian berhasil diidentifikasi

Written By Unknown on Sabtu, 28 September 2013 | 17.18

titian

Lukisan Kebangkitan Kristus diyakini dibuat pada tahun 1511.

Sebuah lukisan yang disimpan dalam koleksi pribadi di Eropa berhasil diidentifikasi sebagai karya maestro asal Italia, Titian.

Lukisan minyak abad ke 16 dengan judul Kebangkitan Kristus ini diyakini dibuat pada tahun 1511.

Dalam sebuah tulisan di majalah Burlington, sejarawan seni Artur Rosenauer dari Universitas Wina mengatakan lukisan tersebut "terawat dengan sangat menakjubkan."

"Sangat jarang untuk sebuah karya yang tidak diketahui sampai sekarang bisa mengemuka," kata Rosenauer.

Profesor seni ini juga meyakini bahwa lukisan ini diciptakan dan ditujukan untuk prosesi suci dan persaudaraan.

Lukisan ini diketahui milik keluarga Von Bulow pada abad ke 19, termasuk kanselir Jerman Bernhard Heinrich von Bulow, sampai dia meninggal di tahun 1929.

Lukisan ini kemudian dipercaya telah melanglang buana ke Amerika Selatan dan kemudian dibeli oleh pemiliknya saat ini dari Montevideo di Uruguay.

"Berdiri di atas makamnya, sosok monumental Yesus Kristus digambarkan dalam sikap heroik. Tangan kirinya memegang bendera kebangkitan, sementara tangan kanannya mengangkat dalam sikap berkat kemenangan," tulis Rosenauer.

Tiziano Vecellio, yang dikenal dengan nama Titian, adalah seorang pelukis luar biasa dari sekolah Venesia dan salah satu artis zaman Renaisans paling penting di Italia.

Dalam lukisannya dia nyaris melakukan revolusi dalam semua aspek lukisan dan memberi inspirasi bagi penerusnya yang juga luar biasa seperti Rubens, van Dyck, Velazquez dan Rembrandt.

Tahun lalu, karyanya berjudul Diana dan Callisto berhasil diselamatkan untuk koleksi Inggris, setelah mencapai kesepakatan sebesar £45 juta atau sekitar Rp829 miliar dengan pemiliknya, Duke of Sutherland.

Lukisan minyak "yang sangat penting" itu dibeli dengan bantuan dana sebesar £25 juta dari Galeri Nasional Inggris di London setelah melalui kampanye pengumpulan dana yang panjang.

Bersama dengan mitranya di Galeri Nasional Skotlandia, Galeri Nasional London juga menyimpan saudara lukisan ini berjudul Diana dan Actaeon di tahun 2009.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lukisan Titian berhasil diidentifikasi

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/09/lukisan-titian-berhasil-diidentifikasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lukisan Titian berhasil diidentifikasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lukisan Titian berhasil diidentifikasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger