E-reader bantu kemampuan baca disleksia

Written By Unknown on Minggu, 22 September 2013 | 17.18

ebook

Kalimat pendek dalam satu baris memudahkan pemahaman membaca.

Kalimat-kalimat pendek pada perangkat elektronik dapat membantu pembaca disleksia untuk meningkatkan kecepatan baca dan pemahaman.

Kesimpulan itu dibuat oleh ilmuwan di Amerika Serikat yang mempelajari 100 orang membaca, baik pada kertas atau perangkat baca elektronik e-reader.

Pada perangkat e-reader, penderita disleksia terlihat membaca lebih cepat. Sementara mereka dengan rentang perhatian visual terbatas memiliki pemahaman yang lebih baik.

Kemampuan untuk menampilkan teks dalam baris yang lebih pendek dan dengan kata-kata yang minim membantu murid fokus pada setiap kata, demikian ujar Plos One.

Peneliti utama Matthew Schneps, dari Pusat Ilmu Pendidikan di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, mengatakan kepada BBC: "Faktor kunci yang terpenting untuk membantu mereka adalah bahwa hanya ada beberapa kata per baris.

"Kami berpikir bahwa bisa diterapkan di atas kertas, papan tulis atau pada perangkat apapun."

Dia mengatakan disleksia memiliki kesulitan yang beragam, tetapi beberapa orang dapat dibantu dengan penyesuaian teks secara visual.

"Jika orang memiliki kesulitan membaca, mereka mungkin bisa mencoba untuk sekadar membaca teks di perangkat mobile untuk mengetahui apakah kata-kata yang sedikit dalam satu baris dapat membantu mereka," katanya.

Mengomentari studi ini, Asosiasi Disleksia Inggris mengatakan format e-book lebih mudah diakses karena mereka memiliki berbagai macam pilihan jenis huruf, ukuran, jarak dan warna pilihan.

"Mereka juga bisa langsung memberikan definisi dari kata-kata dari kamus yang tertanam di dalamnya," ujar perwakilan Asosiasi Disleksia Inggris.


Anda sedang membaca artikel tentang

E-reader bantu kemampuan baca disleksia

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/09/e-reader-bantu-kemampuan-baca-disleksia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

E-reader bantu kemampuan baca disleksia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

E-reader bantu kemampuan baca disleksia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger