Kanker tenggorokan terkait dengan HPV

Written By Unknown on Minggu, 21 Juli 2013 | 17.18

HPV

HPV merupakan virus yang menyebabkan kanker serviks atau mulut rahim.

Satu dari tiga orang yang didiagnosa mengalami kanker tenggorokan terinfeksi oleh jenis virus human papillomavirus atau HPV, seperti diungkapkan dalam sebuah studi.

HPV merupakan virus utama yang menyebabkan kanker serviks atau mulut rahim, dan virus ini diketahui menyebar melalui kontak alat kelamin atau mulut.

Klik Aktor Michael Douglas dilaporkan telah berbicara mengenai kaitan diagnosa kanker tenggorokannya yang dialaminya dengan virus ini.

Studi yang dimuat dalam Jurnal Klinis Oncology, menyebutkan kaitan dua hal tersebut menunjukan hasil yang mengejutkan.

Virus HPV memiliki lebih dari 100 tipe. Sebagian besar orang akan terinfeksi HPV pada beberapa titik dalam hidup mereka, tetapi sebagian besar sistem kekebalan tubuh menawarkan perlindungan terhadap virus ini.

Ada dua jenis HPV yang diduga menyebabkan kanker yaitu HPV-16 dan HPV-18.

HPV-16 disebutkan menjadi penyebab 60% kasus kanker serviks, 80% kanker anus dan 60% kanker mulut.

Sekitar 1.500 orang didiagnosa dengan kanker tenggorokan setiap tahun di Inggris, dengan 470 orang meninggal akibat penyakit ini.

Studi ini meneliti kaitan antara virus HPV dengan kanker yang terdapat di belakang tenggorokan atau kanker oropharyngeal.

Hasil itu tampak dari tes darah terhadap orang-orang yang terlibat dalam penelitian besar mengenai gaya hidup dan kanker, yang awalnya dalam kondisi sehat.

Para peneliti membandingkan hasil tes darah - beberapa orang berusia dari 10 tahun - dari 135 orang yang memiliki kanker tenggorokan dan 1.599 orang yang bebas kanker.

"Mempraktekkan seks yang aman kemungkinan dapat mengurangi risiko mendapatkan HPV, tetapi kondom juga tak dapat sepenuhnya mencegah infeksi"

Tim dari Universitas Oxford menemukan 35% dari mereka yang menderita kanker tenggorokan memiliki sistem pertahanan tubuh, dibandingkan dengan kurang dari 1% orang yang bebas kanker.

Bagaimanapun, pasien-pasien ini tampaknya lebih dapat bertahan dari kanker tenggorokan dibandingkan mereka yang mengalaminya karena penyebab lain seperti alkohol dan merokok.

Studi menemukan 84% orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh dapat bertahan hidup setelah didiagnosa selama lima tahun, dibandingkan 58% persen orang yang tidak memilikinya.

Dr Ruth Travis, seorang peneliti kanker dari Oxford yang terlibat dalam penelitian tersebut , mengatakan: "Hasil yang mengejutkan ini menunjukan sejumlah bukti bahwa infeksi HPV-16 kemungkinan menjadi penyebab yang signifikan dari kanker oropharyngeal."

Sara Hiom, direktur informasi dari Pusat Penelitian Kanker Inggris, mengatakan :"HPV merupakan virus yang umum.

"Mempraktekkan seks yang aman kemungkinan dapat mengurangi risiko mendapatkan HPV, tetapi kondom juga tak dapat sepenuhnya mencegah infeksi."

Dia menambahkan:"Jika vaksi HPV juga dapat memproteksi infeksi virus di bagian mulut dan kanker, maka dapat perlindungan dapat dilakukan, tetapi kami tidak memiliki penelitian yang cukup mengenai masalah tersebut."


Anda sedang membaca artikel tentang

Kanker tenggorokan terkait dengan HPV

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/07/kanker-tenggorokan-terkait-dengan-hpv.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kanker tenggorokan terkait dengan HPV

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kanker tenggorokan terkait dengan HPV

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger