Ditemukan 'Pompeii dari utara' di London

Written By Unknown on Senin, 15 April 2013 | 17.18

Salah-satu temuan itu adalah sepatu kulit Romawi yang berumur 2.000 tahun.

Para arkeolog menemukan ribuan artefak penting peninggalan peradaban Romawi yang ditaksir berusia sekitar 2.000 tahun di bawah pusat kota London, Inggris.

Di pinggiran Sungai Thames, London, tim peneliti menemukan ribuan koin, tembikar, sepatu kulit, jimat keberuntungan yang dikenakan para gladiator, serta struktur kayu setinggi 12 meter yang terawetkan.

Penggalian arkeologi ini dipuji sebagai "penggalian paling penting yang pernah dilakukan di London".

Sebagian besar artefak terpelihara dengan baik karena terendam dalam lumpur, sehingga para ahli menyebut situs ini sebagai "Pompeii dari Utara".

Situs arkeologi ini ditemukan di lokasi yang akan dibangun pusat perkantoran perusahaan media Bloomberg di Jalan Queen Victoria.

Para ahli memperkirakan, artefak yang ditemukan mencakup seluruh periode pendudukan Romawi di tanah Inggris, dari tahun 40 Masehi hingga awal abad ke-5.

Penemuan gading dalam bentuk helm gladiator -- yang dipercaya memiliki kekuatan gaib -- diharapkan dapat mengungkap praktek keagamaan dan mistis dari penduduk awal Kota London.

Temuan menarik lainnya adalah obyek yang terbuat dari kulit yang di dalamnya tertera gambar tentang seorang prajurit melawan makhluk jahat. Diduga ini hiasan dari kereta kuda.

Di situs itu, para arkeolog juga menemukan sekitar seratus potongan lempengan kayu berisi informasi menarik tentang kehidupan di masa pendudukan Romawi, yang diduga sebuah surat.

Saat itu, lempengan kayu seperti ini digunakan untuk korespondensi sehari-hari dan bahkan daftar belanja atau undangan pesta.

Setelah para ahli berhasil merekam semua temuan, rencananya artefak penting ini akan dipamerkan kepada masyarakat umum.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ditemukan 'Pompeii dari utara' di London

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/04/ditemukan-pompeii-dari-utara-di-london.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ditemukan 'Pompeii dari utara' di London

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ditemukan 'Pompeii dari utara' di London

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger