Cincin 'The Hobbit' dipamerkan

Written By Unknown on Jumat, 05 April 2013 | 17.18

cincin

Cincin yang diyakini menginpirasi penulis JRR Tolkien.

Sebuah cincin emas kuno yang diperkirakan menjadi ilham penulis JRR Tolkien ketika menulis kisah klasik The Hobbit, dipamerkan untuk pertama kalinya di Inggris.

Cincin bergrafir kalimat berbahasa Latin yang dipercaya kutukan bangsa Romawi itu tengah dipamerkan di Galeri The Vyne, di Hampshire.

Cincin seberat 12 gram ini ditemukan di sebuah ladang milik petani di Silchester, pada 1785, yang dulunya diyakini kota kuno yang dibangun oleh kekaisaran Romawi kuno saat menduduki tanah Inggris.

Di permukaan cincin itu terdapat ukiran berupa kalimat "Senicianus" serta gambar Dewi Venus.

Arkeolog Sir Mortimer Wheeler meyakini bahwa cincin kuno ini menjadi inspirasi penulis Inggris, John Ronald Reuel Tolkien (1892-1973), saat dia menulis salah-satu bukunya yang melegenda, The Hobbit, pada 1929.

Selain dikenal sebagai penulis, Tolkien adalah akademisi di Universitas Oxford, dan beberapa mengunjungi situs kuil peninggalan bangsa Romawi di Gloucestershire, Inggris.

Di situs itulah, menurut Mortimer, ditemukan artefak yang berisi kutukan bangsa Romawi.

Dalam artefak itu disebutkan ada seorang pria, Senicianus, yang telah mengambil cincin tersebut. Sebagai pemilik cincin, Senicianus meminta pada Dewa Nodens untuk mengutuk cincin tersebut, sehingga dikembalikan ke kuil.

Belakangan, novel-novel karya Tolkien diangkat ke layar lebar melalui film-film berjudul The Lord of the Rings dan The Hobbits.


Anda sedang membaca artikel tentang

Cincin 'The Hobbit' dipamerkan

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/04/cincin-hobbit-dipamerkan_5.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cincin 'The Hobbit' dipamerkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cincin 'The Hobbit' dipamerkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger