Vienna Philharmonic ungkap keterkaitan dengan Nazi

Written By Unknown on Minggu, 10 Maret 2013 | 17.18

Vienna Philharmonic

Konser tahun baru Vienna Philharmonic merupakan salah yang ditunggu publik dunia.

Kelompok musik orkestra Vienna Philharmonic akan melansir artikel sejarah keberadaan kelompok tersebut khususnya keterkaitan mereka dengan Nazi saat berkuasa di Austria kepada publik.

Rencana ini merupakan bagian dari tanggapan mereka terhadap tudingan yang menyebut mereka sengaja menutupi cerita sejarah di masa Nazi berkuasa.

Sebelumnya sempat muncul kemarahan terhadap kelompok musik tersebut karena mereka tidak mau mengungkap keterkaitan mereka dengan Nazi.

Kelompok orkestra ini juga mengatakan mereka akan memberikan keterangan lebih detail tentang pemberian cincin kehormatan kepada Gubernur Nazi di Vienna, Baldur von Schirach.

Von Schirach dalam catatan sejarah merupakan salah satu tokoh Nazi yang ikut mengirimkan puluhan ribu orang Yahudi keluar dari kota itu menuju kamp konsentrasi.

Cincin dari kelompok musik tersebut diberikan kepada Von Schirach pada tahun 1942 dan sempat dikabarkan hilang namun kemudian mereka memberikan kembali cincin pengganti pada tahun 1960 setelah Schirach dilepaskan dari penjara Spandau.

Schirach sendiri menjalani hukuman penjara karena dakwaan melakukan kejahatan kemanusiaan selama perang dunia kedua.

Wartawan mengatakan Austria butuh waktu puluhan tahun setelah perang dunia kedua untuk mengungkapkan penyesalan terhadap peran mereka selama kekuasaan Hitler dan terjadinya Holocaust.

Warga Austria sendiri akan memperingati 75 tahun peristiwa pendudukan Nazi di negara itu pada hari Selasa (12/03) nanti.

Kelompok musik the Vienna Philharmonic telah menugaskan tiga sejarawan yang dipimpin oleh Oliver Rathkolb untuk menerbitkan artikel sejarah yang berisi kegiatan kelompok musik itu selama pemerintahan Nazi.

Artikel tersebut nantinya bisa dibaca oleh masyarakat melalui situs resmi kelomppok musik tersebut.

Kerja ketiga sejarawan itu diharapkan mampu mengungkap secara rinci cerita pengusiran 13 musisi anggota kelompok musik itu karena berdarah Yahudi.

Laporan mengatakan lima dari musisi berdarah Yahudi itu dikabarkan tewas di kamp konsentrasi.

Selain itu publik juga menunggu bagaimana keberpihakan kelompok musik itu saat Jerman menduduki Austria sebab sejumlah anggotanya dimasa lalu diidentifikasi sebagai bagian dari Nazi.

Kelompok orkestra ini sebelumnya mengatakan mereka tidak berkewajiban memberikan akses kepada publik untuk mengetahui arsip sejarah mereka karena merupakan organisasi swasta.


Anda sedang membaca artikel tentang

Vienna Philharmonic ungkap keterkaitan dengan Nazi

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/03/vienna-philharmonic-ungkap-keterkaitan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Vienna Philharmonic ungkap keterkaitan dengan Nazi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Vienna Philharmonic ungkap keterkaitan dengan Nazi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger