Tolak penutupan sekolah, ratusan guru di Chicago ditahan

Written By Unknown on Kamis, 28 Maret 2013 | 17.18

guru

Aksi duduk para guru di pusat kota Chicago menolak penutupan puluhan sekolah.

Sekitar 130 guru di Chicago dan para pendukungnya dilaporkan ditahan karena menggelar aksi protes menolak penutupan 54 sekolah di kota itu.

Dalam sebuah aksi demo yang diikuti oleh ratusan orang pendukung gerakan ini, ketua Serikat Guru Chicago mengatakan penutupan sekolah ini memiliki unsur ''rasisme''.

Walikota Chicago Rahm Emanuel sebelumnya mengatakan kebijakan penutupan terpaksa dilakukan untuk memangkas anggaran sekolah sebesar US$1 miliar atau sekitar Rp9,7 triliun.

Emanuel yang juga dikenal sebagai mantan penasihat senior Presiden Barack Obama mengatakan pemangkasan itu akan menghemat sebesar US$560 juta atau Rp5,6 triliun selama 10 tahun.

Dewan pendidikan kota yang semua anggotanya ditunjuk oleh Emanuel, akan memberi putusan akhir terkait pemangkasan ini di bulan Mei mendatang.

Tetapi serikat guru menyebut penutupan sekolah bukan bagian dari kesepakatan penyelesaian masalah seperti yang disampaikan Walikota Emanuel.

Penutupan ini dinilai akan mempengaruhi kawasan minoritas, dan dikhawatirkan para siswa yang sekolahnya ditutup akan melintasi jalur geng kriminal untuk menuju sekolah baru mereka.

''Jangan berpura-pura bahwa ketika anda menutup sekolah di kawasan Selatan dan Barat yang akan terpengaruh bukan siswa berkulit hitam,'' kata Karen Lewis, presiden Serikat Guru Chicago.

''Jangan berpura-pura dengan menyatakan itu bukan rasisme.''

Seperti yang dilaporkan koran Chicago Tribune, polisi di kota Ilinois menangkap dan mendenda 127 orang yang berpartisipasi dalam aksi demo ini.

Penangkapan ini merupakan pertikaian terbaru diantara kedua belah pihak setelah sebelumnya serikat guru juga memprotes terkait masalah kontrak kerja.

Serikat Guru Chicago pada saat itu menggelar tujuh hari aksi mogok di bulan September menyusul kebijakan evaluasi gaji guru yang diberlakukan dewan kota.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tolak penutupan sekolah, ratusan guru di Chicago ditahan

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/03/tolak-penutupan-sekolah-ratusan-guru-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tolak penutupan sekolah, ratusan guru di Chicago ditahan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tolak penutupan sekolah, ratusan guru di Chicago ditahan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger