Lukisan Chinese Girl laku Rp14,4 miliar

Written By Unknown on Kamis, 21 Maret 2013 | 17.18

Chinese Girl

Chinese Girl disebut sebagai lukisan yang paling banyak direproduksi di dunia.

Lukisan Chinese Girl karya Vladimir Tretchikoff dijual dengan harga £982.050 atau sekitar Rp14,4 miliar dalam lelang di London.

Harga tersebut tercatat dua kali lipat dibanding harga yang dipatok oleh balai lelang Bonhams.

Lukisan potret seorang anak perempuan Cina berkulit hijau dan mempunyai bibir berwarna merah delima itu semula diperkirakan akan laku £500.000.

Lukisan dibeli oleh seorang pengusaha perhiasan asal Inggris Laurence Graff. Lukisan selanjutnya akan dipamerkan di Afrika Selatan.

Menurut seorang eksekutif Bonhams, lukisan Klik Chinese Girl akan dipamerkan bersama koleksi-koleksi benda seni Graff di Delaire Graff Estate, di dekat kota Stellenbosch, Afrika Selatan.

Sang pelukis Vladimir Tretchikoff dibesarkan di dua negara, Rusia dan Shanghai, Cina. Ia kemudian menetap di Afrika Selatan pada 1946 dan merampungkan lukisan Chinese Girl di Cape Town pada 1953.

Modelnya adalah Monika Sing-Lee, yang pada saat itu berusia 17 tahun. Tretchikoff menemukan model lukisan ini ketika Sing-Lee bekerja di tempat binatu milik paman Sing-Lee di Sea Point, Cape Town.

Dalam memoirnya pada 1973 berjudul Pigeon's Luck, Vladimir Tretchikoff mengatakan ia mencurahkan segala tenaga dan perhatian ke dalam lukisan itu dan ia berharap lukisan "menangkap esensi kewanitaan Cina".

Lukisan Chinese Girl diperkirakan sebagai lukisan yang paling banyak direproduksi di dunia. Kepopulerannya membuat Tretchikoff disebut sebagai "pelukis rakyat". Ia meninggal dunia pada 2006.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lukisan Chinese Girl laku Rp14,4 miliar

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/03/lukisan-chinese-girl-laku-rp144-miliar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lukisan Chinese Girl laku Rp14,4 miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lukisan Chinese Girl laku Rp14,4 miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger