Korsel selidiki dugaan serangan cyber

Written By Unknown on Rabu, 20 Maret 2013 | 17.18

ilustrasi komputer

Pemerintah Korsel belum mau berspekulasi soal siapa pelaku serangan cyber di negara itu.

Pejabat Korea Selatan dilaporkan tengah menyelidiki dugaan aksi serangan cyber yang melumpuhkan jaringan komputer sejumlaah bank dan stasiun televisi nasional.

Kantor berita Yonhap mengatakan stasiun penyiaran milik KBS, MBC dan YTN telah melapor kepada polisi bahwa sistem jaringan mereka lumpuh pada pukul 14.00 waktu setempat.

Laporan serupa disampaikan oleh juru bicara Bank Shinhan yang mengatakan bahwa server milik mereka juga berhenti beroperasi.

Sampai saat ini penyebab dari terganggunya sistem jaringan mereka masih belum diketahui oleh pihak kepolisian.

"Anggota tim pengawas cyber kami tengah menyelidiki kasus ini sekarang," kata juru bicara Kepolisian Nasional seperti dikutip dari kantor berita AFP.

"Insiden ini sangat besar dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengumpulkan bukti," jelas seorang petugas polisi lainnya.

Pemerintah dan polisi sejauh ini masih belum mau berspekulasi tentang siapa pelaku serangan itu termasuk dugaan keterlibatan Korea Utara.

Korut sebelumnya telah mengancam untuk menyerang Korsel dan AS pasca turunnya sanksi PBB kepada negara itu akibat uji coba nuklir yang mereka lakukan pada bulan Februari lalu.

Militer Korsel mengatakan jaringan mereka sejauh ini belum terpengaruh oleh dugaan aksi serangan cyber ini namun mereka telah meningkatkan kesiapan untuk merespon serangan tersebut.

Laporan mengatakan bahwa kilang minyak, pelabuhan, bandar udara, dan pos pengisian bensin tidak terkena dampak serangan cyber ini.

Pekan lalu Korut justru melemparkan tuduhan terhadap Korsel dan AS bahwa kedua negara itu telah melakukan serangan terhadap server internet mereka.


Anda sedang membaca artikel tentang

Korsel selidiki dugaan serangan cyber

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/03/korsel-selidiki-dugaan-serangan-cyber.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Korsel selidiki dugaan serangan cyber

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Korsel selidiki dugaan serangan cyber

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger