Keuntungan Cathay Pacific anjlok 80%

Written By Unknown on Rabu, 13 Maret 2013 | 17.18

Pesawat Cathay Pacific

Sebagian besar armada jarak jauh Cathay Pacific adalah pesawat lebih tua yang boros energi.

Maskapai penerbangan asal Hong Kong, Cathay Pacific, mengumumkan melorotnya tingkat keuntungan hingga 83% akibat naiknya harga BBM dan menurunnya angka perjalanan bisnis korporasi.

Maskapai ini masih membukukan keuntungan sebesar 916 juta Hong Kong dollar (Rp1,1 triliun) tahun 2012, turun jauh dari HK$5,5 miliar tahun sebelumnya.

Menurut Cathay permintaan untuk kargo juga turun pada saat kompetitsi makin ketat sehingga laba mengecil.

Bukan hanya Cathay, maskapai lain di seluruh dunia rata-rata menghadapi masalah yang sama terutama di pasar kunci seperti AS dan Eropa.

Ekonomi yang lesu juga memukul daya beli konsumen sehingga banyak korporasi memilih mengurangi jadwal perjalanan lewat udara padahal poin ini adalah faktor penting dalam pertumbuhan maskapai.

"Keuntungan dari kelas premium jelas terpengaruh akibat upaya korporasi mengurangi jadwal perjalanan ini," kata Christopher Pratt, Direktur Utama Cathay Pacific melalui sebuah pernyataan.

"Tak pastinya ekonomi, terutama menyangkut nasib negara zona Eropa, serta meningkatnya kompetisi antar maskapai turut mempersulit keadaan."

Pratt menambahkan harga BBM juga memotong keuntungan Cathay terutama untuk rute jarak jauh yang sebagian besar masih mengoperasikan "model tua, yang kurang efisien penggunaan BBM-nya seperti Boeing 747-400 dan Airbus A340-300".

Cathay sudah menempuh rupa-rupa cara beberapa bulan terakhir untuk menawarkan cuti tanpa tanggungan pada awak kabinnya, mengurangi kapasitas penerbangan jarak jauh serta mempensiunkan pesawat yang kurang efisien dalam upaya menurunkan ongkos operasi.

Menurut perusahaan penerbangan tersebut berbagai cara ini berhasil menurunkan biaya meski "penurunannnya tidak cukup untuk membalik dampak tingginya harga BBM dan melemahnya pendapatan".


Anda sedang membaca artikel tentang

Keuntungan Cathay Pacific anjlok 80%

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2013/03/keuntungan-cathay-pacific-anjlok-80.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Keuntungan Cathay Pacific anjlok 80%

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Keuntungan Cathay Pacific anjlok 80%

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger