Pertumbuhan ekonomi Jerman melamban

Written By Unknown on Kamis, 15 November 2012 | 17.18

Industri Jerman

Pertumbuhan ekonomi Jerman didorong oleh permintaan luar negeri.

Pertumbuhan ekonomi Jerman mengalami pertumbuhan 0,2% sepanjang kuartal ketiga pada Juli hingga September 2012, berdasarkan statistik resmi terbaru.

Kekuatan ekonomi terbesar di Eropa ini menghadapi melambatnya pertumbuhan ekonomi dalam beberapa bulan belakangan karena krisis keuangan yang melanda benua tersebut.

Angka pertumbuhan terbaru ini lebih rendah dari 0,3% yang tercatat pada kuartal kedua sementara tiga bulan pertama 2012 pertumbuhan bisa mencapai 0,5%

Kantor Statistik Federal Jerman, Destatis, mengatakan pertumbuhan ekonomi Jerman umumnya dipicu oleh 'permintaan' dari pasar luar negeri.

Bulan lalu pemerintah Jerman juga menurunkan pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2012 dari 1,6% menjadi 1%, dengan menuding penyebabnya adalah krisis ekonomi di negara-negara pengguna mata uang Euro dan melemahnya pertumbuhan di negara-negara ekonomi baru seperti Asia dan Amerika Latin.

Angka pertumbuhan Produk Domestik Bruto, GDP, yang dikeluarkan Destatis memperilhatkan penurunan dengan tingkat 3% pada 2011 sementara setahun sebelumnya pada 4,2%.

Beberapa pengamat mengkhawatirkan data negatif yang terjadi dalam beberapa pekan belakangan ini bisa mengarah pada pertumbuhan negatif di kuartal terakhir tahun ini.

Berbeda dengan sebagian besar 17 negara pengguna mata uang Euro, Jerman umumnya berhasil lolos dari krisis keuangan terburuk yang melanda blok ekonomi tersebut.

Hingga saat ini Jerman mendapat keuntungan dari makin melemahnya mata uang Euro sehingga ekspornya mampu bersaing di pasar-pasar di luar kawasan pengguna Euro.

Bagaimanapun, tambah Destatis, warga Jerman masih tetap berbelanja dengan tingkat konsumsi rumah tangga dan pemerintah justru lebih tinggi dibanding kuartal kedua.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertumbuhan ekonomi Jerman melamban

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2012/11/pertumbuhan-ekonomi-jerman-melamban.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertumbuhan ekonomi Jerman melamban

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertumbuhan ekonomi Jerman melamban

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger