Lukisan Monet terjual seharga Rp412 miliar di New York

Written By Unknown on Kamis, 08 November 2012 | 17.18

claude monet

Lukisan ini awalnya ditaksir akan terjual antara $30 juta hingga $50 juta

Salah satu lukisan bunga teratai karya Claude Monet terjual seharga $43,7 juta (Rp412 miliar) dalam sebuah lelang di New York.

Lukisan karya Wassily Kandinsky juga terjual seharga $23 juta di lelang seni impressionisme dan modern Christie's, yang merupakan rekor baru bagi seniman itu.

Karya Picasso dan Miro juga terjual dalam dua minggu pertama lelang.

Namun, sekitar 30% dari 69 lukisan yang dilelang gagal menemukan pembeli, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Lukisan cat minyak berjudul Nympheas ini, dibuat pada 1905 saat Monet tinggal di Giverny, awalnya ditaksir akan laku terjual antara $30 juta hingga $50 juta.

Di antara sejumlah karya seni yang gagal terjual adalah patung Picasso, Coq, yang ditaksir bernilai antara $10 juta-$15 juta dan sejumlah karya Chagall dan Degas.

Beberapa ahli memperingatkan disparitas antara nilai seni dan ekonomi tidak dapat terus terjadi dan meski karya-karya yang diincar para kolektor terus meningkat nilainya, sektor-sektor lain di pasar seni tidak mendapat animo yang sama.

Namun, Brooke Lampley, kepala divisi seni impressionisme dan modern di Christie's, mengatakan lelang itu adalah "penjualan yang sangat kuat dengan hasil luar biasa."

Hari Kamis (08/11), balai lelang Sotheby's akan menggelar lelang impresionisme. Even ini ditunda tiga hari karena serangan badai Sandy.

Di antara 68 karya yang ditawarkan, minat para kolektor tertuju pada lukisan karya Pablo Picasso berjudul Still Life with Tulips yang dilukis sang maestro kubisme dalam waktu tiga jam pada tahun 1932.

Pekan depan dua balai lelang akan mengadakan lelang seni kontemporer, yang diantaranya menawarkan karya Jean-Michel Basquiat berjudul Untitled dari tahun 1981.

Lelang itu bisa mencetak rekor baru bagi pelukis yang meninggal dunia pada usia muda itu.

Basquiat awalnya dikenal sebagai seniman grafitti di kota New York sebelum menjadi salah satu pelukis paling terkenal di kota itu.

Ia meninggal pada usia 27 tahun akibat kecanduan heroin pada 1988.


Anda sedang membaca artikel tentang

Lukisan Monet terjual seharga Rp412 miliar di New York

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2012/11/lukisan-monet-terjual-seharga-rp412.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lukisan Monet terjual seharga Rp412 miliar di New York

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lukisan Monet terjual seharga Rp412 miliar di New York

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger