Izin pengacara 'hitam' dicabut

Written By Unknown on Rabu, 31 Oktober 2012 | 17.18

Bram Moszkowicz dan Geert Wilders

Bram Moszkowicz antara lain membela anggota parlemen anti-Islam, Geert Wilders.

Profesi pengacara yang menjadi tiang penegakan hukum kerap disalahgunakan.

Tetapi pemerintah Belanda mengambil tindakan tegas karena menganggap seorang pengacara melanggar kode etik profesinya dan meski dikenal sebagai pengacara ternama, akhirnya izin praktek Bram Moszkowicz dicabut.

Moszkowicz dikenal publik Belanda karena kerap mewakili sejumlah terdakwa kontroversial termasuk dari kalangan anti Islam dan mafia.

Dalam daftar kliennya terdapat nama antara lain tokoh garis keras sayap kanan Geert Wilders, yang namanya dikaitkan dengan film yang mengina Islam serta Willem Holleeder yang disebut-sebut sebagai tokoh dunia hitam terbesar Belanda.

Komisi Disiplin Advokat Belanda melarang Moszkowicz berpraktek seumur hidup karena pengacara berambut putih ini dianggap terlalu banyak jadi sumber keluhan warga serta lalai membereskan tunggakan pajak.

Menurut sejumlah laporan media setempat, Komisi Disiplin menilai pengacara itu menganggap enteng keluhan atas tata caranya beracara dan secara rutin menerima uang tunai dalam jumlah besar dari kliennya tanpa catatan jelas pada pihak berwenang.

Moszkowicz pada hari Senin (29/10) berdamai dengan otoritas pajak terhadap tagihan tunggakan pajak. Ia juga dihadapkan pada Komisi Disiplin karena saat menjadi kuasa hukum anggota Dewan Belanda Geert Wilders dalam kasus dakwaan atas tindak rasisme dan kebencian terhadap Islam, bersikap menghina Pengadilan.

Atas tudingan-tudingan ini, maka Komisi Disiplin Advokat Belanda pun menganggap Moskowicz telah menodai reputasi profesi praktisi hukum dan karena itu menjatuhkan sanksi larangan praktek seumur hidup pada Selasa (30/10).

Sementara koran Telegraaf menulis Moszkowicz yang tak ahadir saat putusan Komisi disiplin dibacakan, berniat mengajukan banding.

Di Belanda sosok pengacara ini dianggap kontroversial meski sosoknya bak pesohor. Selain praktek mendampingi klien untuk kasus-kasus yang menyedot perhatian di pengadilan, dia juga sering tampil di televisi untuk acara bincang-bincang dan bahkan membintangi iklan TV untuk sebuah perusahaan asuransi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Izin pengacara 'hitam' dicabut

Dengan url

http://majalahviaonline.blogspot.com/2012/10/izin-pengacara-hitam-dicabut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Izin pengacara 'hitam' dicabut

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Izin pengacara 'hitam' dicabut

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger